SHARE :

Kepala Sekretariat

Kepala Sekretariat

Awaluddin Mustafa, SE., M.Si atau kerap dipanggil Awal, adalah Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat. Bertindak sebagai Kasek, beliau memiliki andil besar untuk menyukseskan tugas dan fungsi anggota Bawaslu Provinsi, terutama program kerja tiap-tiap divisi. Selain itu, Ia juga menjadi pimpinan bagi jajaran Aparatur Sipil Negara, baik PNS maupun non-PNS. Perannya yang besar akan sangat mempengaruhi eksistensi Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat.

Latar Belakang dan Pendidikan
Awaluddin Mustafa adalah puta ketujuh dari Sekda pertama Kab. Mamuju, Almarhum Drs. H. Mustafa Katjo (ayah) dan Hj. Sitti Rohani Mustafa (Ibu) di Mamuju. Ia lahir di salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Barat pada 12 Juli 1974. Ia sekarang bertempat tinggal di Perum Bukit Karema Indah Blok H No. 22 dan Blok J No 7 Mamuju bersama istri, Sarinah, SE. Saat ini, ia telah dikaruniai lima orang anak bernama Alif Ahmad Fathin Hilmi (pertama), Nisrina Qurratu Aini (Kedua), Ahmad Arief Audry Al Ahsan (ketiga), Nabila Ainun Nurul Qalby (keempat), Ahmad Arrijal Rais (kelima).

Semasa kecil, ia menghabiskan pendidikan masa kanak-kanaknya di Taman Kanak-Kanak Pertiwi (1980-1981), kemudian melanjutkan pendidikan dasar di SD Negeri Inpres BTN Pemda (1981-1987). Selepas masa pendidikan dasar, ia melanjutkan sekolah menengah tingkat pertama di SMP Negeri 2 Mamuju (1987-1990). Kemudian menginjakkan kaki di Palu, Sulawesi Tengah untuk menyelesaikan sekolah tingkat menengah umum di SMA Negeri 1 Palu (1991-1994). Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Makassar (1994-1999). Mematangkan pengetahuannya, ia bergegas melanjutkan jenjang pendidikannya di Universitas Indonesia Timur (UIT) dalam Program Pascasarjana dengan mengambil program studi Magister Administrasi Pemerintahan Daerah.

Riwayat Pekerjaan
Sebelum akhirnya berlabuh sebagai Kasek Bawaslu Sulbar, ia sempat menempati beberapa jabatan, diantaranya: Kepala Seksi Pelayanan Umum Pada Kantor Kelurahan Rangas Mamuju Kecamatan Simboro Dan Kepulauan Mamuju; Kepala Seksi Pemerintahan Umum Pada Kantor Kecamatan Simboro Dan Kepulauan Mamuju; Kepala Sub. Bidang Sarana Dan Prasarana Pada Bappeda Provinsi Sulawesi Barat; Kepala Sub. Bidan Litbang Pada Bappeda Provinsi Sulawesi Barat; Kepala Bidang Pengendalian Dan Pemantauan Pada Bappeda Provinsi Sulawesi Barat; Kepala Bidang Perhubungan Darat Pada Dinas Perhubungan Dan Kominfo Provinsi Sulawesi Barat; Kepala Uptd. Samsat Mamuju Pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Barat; Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Pada Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat; Kepala Bidang Pendapatan Non Pajak Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Pendapataan Daerah Provinsi Sulawesi Barat.

Pengalaman Organisasi
Skil dan kemampuan beliau adalah hasil asahannya selama berorganisasi. Bukannya hanya satu atau dua, ia tergabung dalam berbagai organisasi serta diberi kepercayaan menjabat pada posisi eksekutif organisasi yang membuat ia memiliki pengalaman dan kemampuan yang matang untuk memimpin sebuah lembaga. Ia tergabung dalam organisasi yang antara lain: Pengurus HIPERMAJU Makassar, PMII Komisariat Amkop Makassar, Forum Solidaritas Pemuda Manakarra, Kerukunan Keluarga Mandar, Kerukunan Keluarga Sendana, Masika ICMI Sulawesi Barat, Pengurus FORKI Sulawesi Barat, Ketua Pengurus Mesjid Jabal Nur Perum. Bukit Karema Indah Mamuju, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Barat, PB. PERBAKIN Sulawesi Barat, Indonesia Off Road Federation (IOF) KOMDA Sulawesi Barat, Manakarra Cycling Community (MCC) Sulawesi Barat, Wakil Sekertaris Karang Taruna Provinsi Sulawesi Barat, Manakarra Shooting And Hunting (MASHTING) Club, Bikers Scorpio Club (BSC) Chapter Mamuju